Rabu, 07 Maret 2012

Perencanaan Perjalanan di Alam Bebas

 Perjalanan di Alam bebas merupakan kegiatan yang menyenangkan karena kita dapat melihat, merasakan dan menikmati, dan belajar mengenai alam dan lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan di alam bebas ini merupakan sarana olahraga, petualangan, kegemaran/hobby, pelatihan, pendidikan serta penelitian ataupun hanya sekedar bersantai menikmati indahnya alam. Kegiatan alam bebas ini memiliki bentuk yang beragam antara lain mendaki gunung (Hiking), panjat tebing (Rock climbing), telusur gua (Caving), arung jeram (Rafting), menyelam (Diving), berselancar (Surfing), terbang layang, terjun payung dan sebagainya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan ini adalah persiapan dan perencanaan yang matang yang meliputi persiapan peralatan maupun persiapan fisik, mental, skill serta biaya selama melakukan kegiatan ini dan juga persiapan data dan informasi mengenai lokasi, medan dan cuaca. Karena kemanapun lokasi yang akan kita tuju, medan yang akan kita lalui dan seberapa buruk cuaca yang dihadapi dan seberapa besar hambatan yang datang, akan mengurangi resiko buruk yang mungkin timbul jika kita telah membekali diri kita dengan perencanaan yang matang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan kegiatan:
  1. Tujuan perjalanan
  2. Jenis medan yang akan dihadapi
  3. Keterbatasan fisik untuk membawa barang (maks. 1/3 berat badan)
  4. Hala-hal khusus seperti obat-obatan
Perencanaan juga harus berdasarkan pada Pedoman 5W+1H, yaitu:
  • Who yaitu siapa yang mengadakan kegiatan, dengan siapa kita pergi, siapa yang menjadi pemimpin (Leader) dan siapa yang paling berpengalaman di lapangan.
  • What yaitu apa jenis kegiatannya, apa tujuannya, apa saja hambatannya, apa yang harus dilakukan dan perlengkapan apa yang harus dibawa.
  • Why yaitu mengapa kita harus ikut dan mengapa memilih kegiatan tersebut
  • When  yaitu kapan kegiatannya (siang atau malam), berapa lama waktunya, dan pada musim apa kegiatan itu dilakukan
  • Where yaitu dimana tempat kegiatannya, dimana tempat mencari bantuan terdekat
  • How yaitu bagaimana mencapai lokasi dan bagaimana menghadapi resiko buruk yang mungkin terjadi.
Perencanaan kegiatan akan mempermudah mengorganisir kegiatan yang akan dilakukan dengan mengeliminasi kemungkinan resiko yang akan terjadi.

0 komentar:

Poskan Komentar